Tugas Pertemuan 4 EPTIK

1.Kejahatan yang terjadi di internet terdiri dari berbagai macam jenis dan cara yang bisa terjadi. menurut anda motif apakah yang dapat mempengaruhi TI.

Jawab :

a.Motif intelektual yaitu kejahatan yang dilakukan di internet adalah tindakan pidana kriminal yang dilakukan pada teknologi internet (cyberspace), baik hanya untuk kepuasan pribadi dan menunjukkan yang menyerang fasilitas umum di dalam cyberspace bahwa dirinya telah mampu untuk merekayasa ataupun kepemilikan pribadi. Secara teknik tindak dan mengimplementasikan bidang teknologi pidana tersebut dapat dibedakan menjadi off-line crime, semi on-line crime, dan cybercrime. Masing-masing informasi memiliki karakteristik tersendiri.

b.Motif ekonomi, politik, dan kriminal, yaitu perbedaan utama antara ketiganya adalah kejahatan yang dilakukan untuk keuntungan keterhubungan dengan jaringan informasi publik (internet). pribadi atau golongan tertentu yang berdampak pada kerugian secara ekonomi dan politik pada pihak lain.

2. Sebutkan contoh-contoh kasus kejahatan TI yang sedang (viral) saat ini. dan menurut anda apa motif kejahatan tersebut.

Jawab:

a. Kasus Surabaya Black Hat pernah retas 6 situs pemerintahan di Jawa Timur
Tiga mahasiswa salah satu Universitas di Surabaya yang tergabung dalam kelompok peretas atau hacker Surabaya, Black Hat, mengaku pernah membobol enam situs pemerintahan di Jawa Timur. Aksi mereka tercium polisi setelah melakukan pembobolan sejumlah situs baik dalam dan luar negeri serta melakukan pemerasan.

b. Situs KPU Jakarta Barat

Saat pertengahan Februari lalu, situs KPU Jakarta Barat itu berhasil di-hack oleh hacker dengan kode nama AI1337w0rm. Nah, hasilnya ada pesan dari pelaku yang bertujuan kalau siapapun yang jadi gubernurnya, maka diharapkan tepati janji yang mereka ikrarkan.

c. Kasus cyber crime E-Comerce di Indonesia dalam beberapa decade terakhir ini, banyak sekali perbuatan-perbuatan pemalsuan (forgery) terhadap surat-surat dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan bisnis. Perbuatan-perbuatan pemalsuan surat itu telah merusak iklim bisnis di Indonesia.

3. Menurut anda apakah upaya-upaya yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi kejahatan TI.

Jawab :

1.IDCERT (Indonesia Computer Emergency Response Team)

Salah satu cara untuk mempermudah penanganan masalah keamanan adalah dengan membuat sebuah unit untuk melaporkan kasus keamanan. Masalah keamanan ini di luar negeri mulai dikenali dengan munculnya “sendmail worm” (sekitar tahun 1988) yang menghentikan sistem email Internet kala itu. Kemudian dibentuk sebuah Computer Emergency Response Team (CERT) Semenjak itu di negara lain mulai juga dibentuk CERT untuk menjadi point of contact bagi orang untuk melaporkan masalah kemanan. IDCERT merupakan CERT Indonesia.

2.Sertifikasi perangkat security.

Perangkat yang digunakan untuk menanggulangi keamanan semestinya memiliki peringkat perangkat yang digunakan untuk keperluan militer. Namun sampai saat ini belum ada institusi yang menangani masalah evaluasi perangkat keamanan di Indonesia. Di Korea hal ini ditangani oleh Korea Information Security Agency.s


EmoticonEmoticon